Senin, 19 September 2016

Makan soto yuk?

Posted by Unknown on 06.00 with No comments
Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, dan soto kambing.

Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, dan koya.

Ada beberapa varian soto di indonesia diantaranya :


Soto Betawi

Dinamakan soto Betawi karena ini merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Biasanya soto Betawi tak hanya menggunakan daging, namun juga jeroan sapi. Nama Soto Betawi dipopulerkan seorang penjual soto bernama Lie Boen Po di THR Lokassari atau Prinsen Park sekitar tahun 1977.

 
 
 
Soto Bandung

Nah, soto Bandung dimasak tidak menggunakan santan, melainkan hanya kaldu sapi karena bahan dasarnya adalah daging sapi, biasanya bagian tetelah atau has dalam. Soto ini juga biasanya disantap dengan nasi juga kerupuk. Soto Bandung terbilang cukup unik karena menggunakan tambahan lobak, tomat dan kedelai goreng.
 

Soto Jepara

Sekilas soto Jepara memang terlihat seperti soto ayam biasa, namun cita rasanya yang sangat gurih tak bisa ditemui di soto ayam lainnya. Perbedaan antara soto Jepara dan soto ayam biasa terletak pada kuahnya yang ditambah kucai.
 
Soto Kudus

Soto asal Kudus ini sebenarnya hampir mirip dengan soto Lamongan dan berisi daging ayam suwir dan taoge. Terkadang juga ditambahkan daging kerbau. Berbeda dengan soto tanpa santan lainnya, soto Kudus memiliki kuah yang sangat bening.

Cara penyajiannya pun berbeda yakni dengan menggunakan mangkuk mungil dan sendok bebek. Seperti soto pada umumnya, soto Kudus juga disajikan bersama sambal, air perasan jeruk nipis, perkedel, satai kerang dan telur puyuh.
 

Soto Semarang

Soto khas Semarang umumnya berisi soun, irisan telur ayam, tauge, kol, kentang dan tomat. Ada soto Semarang berkuah kuning karena memakai kunyit, namun ada pula yang bening karena hanya menggunakan jahe dan bumbu lain.

Soto Padang

Isian soto yang satu ini ialah irisan daging sapi yang telah digoreng hingga kering, bihun dan perkedel kentang. Kuahnya dibuat menggunakan kaldu sapi yang dimasak cukup lama.
 
sumber :
 

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar