Rabu, 14 September 2016

Es doger

Posted by Unknown on 18.20 with No comments
Es doger adalah salah satu susu kelapa dingin yang sering ditemui di Bandung, Jawa Barat. Walaupun es doger berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, dan Surabaya. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas. Es doger juga enak jika diminum setelah melakukan olahraga. Es doger berbahan dasar susu dan parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, avokad, dan lain-lain.



Asal usul nama Es Doger adalah singkatan dari dua kata yaitu kata dorong gerobak yang disingkat menjadi doger.
 Asal dari es doger hingga kini masih simpang siur karena ada mengatakan jika es ini berasal dari Cirebon namun ada pula yang berasal dari Garut. Namun kini es doger telah dikenal secara meluas hingga ke banyak tempat. Jika anda tertarik membuat es doger ini, maka anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan- bahan yang yang praktis serta pembuatan yang mudah.
 Berikut ini merupakan resep es doger bandung segar dan enak yang bisa anda tirukan langkah pembuatannya:
 
Bahan- bahan yang digunakan:

–    Es serut 1 kg
–    Susu kental manis
–    Kelapa muda
–    Tape singkong 100 gr
–    Roti tawar 4 lembar yang dipotong- potong
–    Gula pasir 250 gr
–    Santan 200 ml
–    Ketan hitam 100 gr
–    Candil pacar 50 gr
–    Garam


1.    Langkah pertama adalah dengan cara memanaskan santan menggunakan api yang sedang. Masukkan gula, kelapa muda juga garam aduk merata. Tunggu hingga campuran santan dan gula tersebut mendidih lalu angkat dan dinginkan.
2.    Tuang campuran santan ke dalam es serut lalu aduk secara merata.
3.    Langkah berikutnya adalah dengan cara membekukannya es ke dalam freezer. Jangan lupa untuk mengaduk es serut setiap 30 menit sekali. Hal ini dilakukan supaya es serut tidak menggumpal
4.    Untuk penyajiannya, anda bisa menyiapkan mangkuk saji lalu tambahkan ketan hitam, candil, roti tawar lalu tuangkan es doger lalu tuang susu di bagian atasnya.
Resep es doger khas bandung di atas tentunya akan lebih enak dan segar ketika anda menyajikannya ketika hari tengah panas- panasnya. Selain itu, es doger juga bisa menjadi bisnis sampingan yang cukup menarik karena ada banyak orang yang gemar mengonsumsi es doger satu ini. Silahkan dicoba!

sumber :  
https://id.wikipedia.org/wiki/Es_doger
www.umiresep.com 
 
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar